HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN POINT COUNTER POINT KELAS XI SMAN 1 TALANGPADANG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2017/2018

WINI NUR HANDAYANI , 1413034071 (2018) HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN POINT COUNTER POINT KELAS XI SMAN 1 TALANGPADANG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3066Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1895Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar kognitif geografi siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Point Make A Match. dengan menggunakan pembelajaran kognitif tipe Point Counter Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Talangpadang. Pengambilan sampel dilakukan random sampling sehingga didapati kelas X1 IPS 4 dan Kelas XI IPS 1. Siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen satu diberi perlakuan tipe Make A Match dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dua diberi perlakuan tipe Point Counter Point dalam proses pembelajaran. Analisis data digunakan dengan menggunakan uji T. Tidak terdapat perbedaan rata- rata hasil belajar kemampuan awal peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Talangpadang Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2017/2018. Terdapat perbedaan signifikan rata- rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran koopratif tipe tipe Make A Match dan Point Counter Point terhadap peserta didik kelas XI SMAN 1 Talangpadang Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2017/2018. Rata- rata hasil belajar menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih tinggi dibandingkan rata- rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Point Counter Point. kata kunci: hasil belajar kognitif, point counter point, make a match GEOGRAPHY LEARNING RESULT WITH COOPERATIVE LEARNING MODEL MAKE A MATCH TYPE AND COGNITIVE LEARNING MODEL POINT COUNTER POINT TYPE CLASS OF XI IPS SMAN 1 TALANGPADANG DISTRICT TANGGAMUS ACADEMIC YEAR 2017/2018 This research was purposed to see the differences in student cognitive learning result of geography using cooperative learning model Make A Match Type by using cognitive learning model Point Counter Point Type. This research type is experiment. The research population were the students of Class XI IPS SMAN 1 Talangpadang. Sampling was done by random sampling so that it was found class of XI IPS 4 and XI IPS 1. Students of class XI IPS 4 as the first experimental class treated with Make A Match Type and Class of XI IPS 1 as the second experimental class treated with Point Counter Point Type in the learning process. Data analysis using t test. There is no difference in average learning outcomes early ability of students grade XI IPS SMAN 1 Talangpadang Tanggamus Regency academic year 2017/2018.There is a significant average difference in the learning result using cooperative learning model Make A Match and Point Counter Point type towards students grade XI SMAN 1 Talangpadang District Tanggamus academic year 2017/2018. The average learning result using cooperative learning model Make A Match type was higher than the average learning result using cooperative learning model Point Counter Point type. Keywords: cognitive learning result, Point Counter Point , Make A Match

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 201848049 . Digilib
Date Deposited: 06 Jun 2018 02:32
Terakhir diubah: 06 Jun 2018 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31587

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir