MAULIDA RAUFIKA , 1413053066 (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2093Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2638Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 47 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, teknik tes, dan angket. Alat pengumpulan data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 54,42 dan meningkat pada posttest menjadi 84,12, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest yaitu 55,35 dan meningkat pada posttest menjadi 77,39. Nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 0,64, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 0,45. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar IPS siswa. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan rumus t-test pooled varians menunjukkan nilai 2,15, ttabel dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai 2,02. Sehingga thitung = 2,15 > ttabel = 2,02, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, IPS, index card match
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201878420 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 04:08 |
Terakhir diubah: | 08 Jun 2018 04:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31657 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |