PENGARUH PENDEKATAN REALISITIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO UTARA

FAIZATUR ROKHMAH, 1413053048 (2018) PENGARUH PENDEKATAN REALISITIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2551Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan penekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara Tahun Pelajaran 2017/2018, kelas VA sebagai kelas eksperimen, kelas VB sebagai kelas kontrol dan VC sebagai kelas uji instrumen. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 60, menunjukan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 62,31, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 52,22. Perbandingan nilai N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yaitu 0,64 dengan 0,21. Hasil pengujian menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung =2,125 , sedangkan ttabel = 2,000. Hal tersebut menunjukkan (thitung > ttabel ), berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara. Kata kunci: hasil belajar, matematika, Realistic Mathematics Education.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201813639 . Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:17
Terakhir diubah: 26 Jun 2018 04:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31731

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir