PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO UTARA

HANIF IMAM PRABOWO, 1413053050 (2018) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO UTARA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1943Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1714Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara, kelas VB sebagai kelas eksperimen, kelas VA sebagai kelas kontrol dan VC sebagai kelas uji instrumen. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 72,22, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 63,27. Perbandingan nilai N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yaitu 0,34 dengan 0,11. Hasil pengujian menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung =2,110 , sedangkan ttabel = 2,000. Hal tersebut menunjukkan (thitung > ttabel ), berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara. Kata kunci: hasil belajar, IPA, kontekstual.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201804603 . Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2018 09:02
Terakhir diubah: 25 Jun 2018 09:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31732

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir