BETANGAS PADA ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT PALEMBANG DI DESA PAYAKABUNG KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR PROVINSI SUMATERA SELATAN

SINDI YUNIAR, 1413033063 (2018) BETANGAS PADA ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT PALEMBANG DI DESA PAYAKABUNG KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR PROVINSI SUMATERA SELATAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (750Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (672Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK BETANGAS PADA ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT PALEMBANG DI DESA PAYAKABUNG KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR PROVINSI SUMATERA SELATAN OLEH SINDI YUNIAR Indonesia merupakan Negara yang memiliki keanekaragaman suku bangsa yang memiliki adat dan budaya yang berbeda-beda. Dari berbagai macam budaya masing-masing memiliki tradisi dan adat istiadatnya, salah satunya adat orang Palembang yang ada di desa payakabung kecamatan indralaya utara kabupaten ogan ilir provinsi sumatera selatan terdapat budaya yaitu sebuah adat yang di sebut betangas. Betangas merupakan membersikan tubuh pengantin sebelum resepsi pernikahan dilaksanakan dengan rempah-rempah dan daun serai wangi, pandan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana proses betangas pada adat perkawinan masyarakat Palembang di desa payakabung indralaya utara kabupaten ogan ilir provinsi sumatera selatan?”. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan betangas pada adat perkawinan masyarakat Palembang di desa payakabung indralaya utara kabupaten ogan ilir provinsi sumatera selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan menganalisis data dengan teknik kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa betangas dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan yaitu mempersiapkan perlengkapan maupun peralatan yang digunakan dalam proses betangas, rempah-rempah, serai wangi, daun pandan, guci, kain,tikar dan tempat duduk terbuat dari kayu. tahap pelaksanaan yaitu mandi membersikan tubuh sang calon pengantin. tahap penutup pembacaan doa, makan-makan dan bermaaf-maafan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> HQ The family. Marriage. Woman
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 201832313 . Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2018 03:37
Terakhir diubah: 26 Jun 2018 03:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31746

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir