Ummul Uslima, 1413022069 (2018) PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIOS PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA. UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
FIle PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (636Kb) | Preview |
|
![]() |
FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (728Kb) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations pada materi fluida statis terhadap pemahaman konsep siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMAN 1 Trimurjo, Lampung Tengah. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen tes berupa soal Pretest dan Posttest yang telah valid dan reliabel. Data yang didapat diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample T-test. Hasil dari uji nilai Independent Sample T-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,036, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations yang signifikan penggunaan terhadap pehaman konsep siswa. Berdasarkan nilai N-gain, rata-rata N-gain pemahaman konsep pada kelas eskperimen sebesar 0,56, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,46. Modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Multiple Representations, Pemahaman Konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 201889414 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:35 |
Terakhir diubah: | 26 Jun 2018 04:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31753 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |