PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUKAN BUKU SISWA BERBASIS PENDEKATAN TERPADU STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KALOR

SALMA FAIZAH AMATULLAH, 1313022063 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUKAN BUKU SISWA BERBASIS PENDEKATAN TERPADU STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KALOR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2091Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2027Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran monoton dapat mematikan daya berpikir kreatif siswa, karena siswa mengalami kebosanan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran secara Student Centre Learning atau SCL, siswa mampu membangkitkan daya berpikir kreatif melalui sebuah pendekatan antar ilmu dan pengaplikasiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantukan buku siswa berbasis pendekatan terpadu STEM terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan hasil belajarnya. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA IT Miftahul Jannah, dan sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Kedua kelas tersebut diberikan pretest dan posttest, yang kemudian hasil N-gain diuji perbedaannya. Pada penelitian ini, dua kelas tersebut diuji beda sesuai dengan hasil N-gainnya lalu dilakukan uji perbedaan kedua kelompok siswa menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar pada siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata N gain berturut-turut, yaitu 0,62 dan 0,30 berarti rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan berdasarkan hasil uji independent sample t test thitung > ttabel yaitu 5,485 > 2,069 pada taraf kepercayaan 95%, berarti terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantukan buku siswa berbasis pendekatan terpadu STEM terhadap hasil belajar. Kata kunci: Buku Siswa, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Kalor, dan STEM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201834990 . Digilib
Date Deposited: 28 Jun 2018 07:49
Terakhir diubah: 28 Jun 2018 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31807

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir