PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 4 SDN 2 MARGA MULYA

Sumarliyah, 1413093049 (2018) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 4 SDN 2 MARGA MULYA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (896Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (747Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Marga Mulya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN 2 Marga Mulya Kecamatan Jati Agung menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui observasi selama tindakan dan tes hasil belajar di setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA dapat ditingkatkan menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa di siklus I sebesar 56,87 menjadi 80,62 di siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I mencapai nilai rata-rata 56,87 dan siklus II mencapai nilai rata-rata 80,62 menunjukkan adanya peningkatan sebesar 23,75 dari siklus I. ketuntasan hasil belajar meningkat yang semula 40,63% pada siklus I meningkat menjadi 84,38% pada siklus II. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Cooperative Learning tipe Jigsaw dan Hasil Belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201811325 . Digilib
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:30
Terakhir diubah: 28 Jun 2018 06:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31817

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir