EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

AERLI NURFITA ARIANTI DEWI, 1413023003 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3529Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2753Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan mendeskripsikan keefektivan, ukuran pengaruh pembelajaran problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan Non Equivalent (Pretes-postest) Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MAN 1 Pringsewu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Keefektifan ditentukan melalui data, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Ukuran pengaruh motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran problem solving dihitung setelah melakukan uji normalitas dan uji-t perbedaaan pretes-postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dengan kriteria tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan n-Gain motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa memiliki kriteria tinggi, aktivitas siswa selama pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memiliki kriteria tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan pembelajaran problem solving memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: problem solving, motivasi belajar, penguasaan konsep siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201800901 . Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2018 03:25
Last Modified: 30 Jun 2018 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31895

Actions (login required)

View Item View Item