EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

AERLI NURFITA ARIANTI DEWI, 1413023003 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3529Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2753Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan bertujuan mendeskripsikan keefektivan, ukuran pengaruh pembelajaran problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan Non Equivalent (Pretes-postest) Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MAN 1 Pringsewu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Keefektifan ditentukan melalui data, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Ukuran pengaruh motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran problem solving dihitung setelah melakukan uji normalitas dan uji-t perbedaaan pretes-postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dengan kriteria tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan n-Gain motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa memiliki kriteria tinggi, aktivitas siswa selama pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memiliki kriteria tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan pembelajaran problem solving memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: problem solving, motivasi belajar, penguasaan konsep siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201800901 . Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2018 03:25
Terakhir diubah: 30 Jun 2018 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31895

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir