EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL SISWA PADA MATERI ASAM-BASA

PUTU ENDRIYANA WIJAYA RANI , 1413023052 (2018) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL SISWA PADA MATERI ASAM-BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2427Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2142Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa pada materi asam basa. Metode dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangunrejo tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 112 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Data dianalisis menggunakan SPSS version 17.0 for windows. Data keefektivan diperoleh dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan soal tes keterampilan berpikir orisinil siswa yang menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan kategori “sangat tinggi” dan keterampilan berpikir orisinil siswa pada kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata n-Gain sebesar 0,706 dengan kategori “tinggi”. Model problem based learning berpengaruh besar terhadap peningkatan keterampilan berpikir orisinil siswa pada kelas eksperimen, dibuktikan dengan hasil rata-rata uji effect size sebesar 0,967 dengan kriteria “besar”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model problem based learning efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa pada materi asam basa. Kata kunci: keterampilan berpikir orisinil, asam basa, model problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201884528 . Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2018 02:51
Terakhir diubah: 30 Jun 2018 02:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31897

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir