PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN

WAYAN WIDASTRE , 1413053140 (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (824Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes bentuk pilihan jamak. Analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test data thitung sebesar 2,819 sedangkan ttabel sebesar 2,021 perbandingan tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel (2,819 > 2,021) berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Cooperative learning, scramble, hasil belajar, tematik.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 201815073 . Digilib
Date Deposited: 03 Jul 2018 06:33
Last Modified: 03 Jul 2018 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32023

Actions (login required)

View Item View Item