PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMPN 1 BULOK TAHUN AJARAN

MUTTAKI AZALI , 1313033057 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMPN 1 BULOK TAHUN AJARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3358Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2046Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia peserta didik dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar. Berdasakan observasi yang peneliti lakukan, diketahui bahwa hasil belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Semester Ganjil belum memenuhi standar KKM.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran yang tepat, yaitu Model Pembelajaran Direct Instruction.Model Pembelajaran Direct Instruction diketahui mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "adakah pengaruh yang positif Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu siswa Kelas VIII SMPN 1 Bulok?".Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 1 Bulok Tahun Ajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji t-test diperoleh hasil uji hipotesis bahwa thitung=11,45> ttabel= 2,39, sehingga H0 ditolak dan H1diterima. Hasil analisis data secara kuantitatif Model Pembelajaran Direct Instruction berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 1 Bulok. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Direct Instruction, Pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 201890401 . Digilib
Date Deposited: 10 Jul 2018 08:42
Terakhir diubah: 10 Jul 2018 08:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32086

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir