PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Adila Ayu Verlina, 1413022002 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA. UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (932Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (756Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Melatih siswa dalam memahami konsep dapat dilakukan dengan menggunakan bahan ajar, salah satunya adalah modul kontekstual yang berbasis multirepresentasi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul kontekstual berbasis multirepresentasi pada pembelajaran Hukum Gravitasi Newton terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 14 Bandar Lampung dengan desain Quassy Experimental Design dengan jenis pretest-posstest control grup design. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Data hasil penelitian diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sample T-test. Hasil uji N-gain yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata N-gain kelas yang menggunakan modul kontekstual berbasis multirepresentasi lebih tinggi, yaitu 0,75 dengan kategori tinggi dan untuk kelas yang menggunakan buku cetak ajar sekolah sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,050, yaitu 0,000 dan nilai –thitung < ttabel (-6,272 < 2,007) yang berarti terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar menggunakan modul kontekstual berbasis multirepresentasi dengan yang menggunakan buku cetak ajar. Nilai pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan siswa lebih dominan paham konsep dengan persentase 64,66%, menebak 14,10%, miskonsepsi 7,14%, dan tidak paham konsep 14,10%. Kata kunci: Modul Kontekstual, Multirepresentasi, Pemahaman Konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201864737 . Digilib
Date Deposited: 11 Jul 2018 06:56
Terakhir diubah: 11 Jul 2018 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32096

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir