Hubungan Perhatian Siswa Dalam Mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2017/2018

MUHAMMAD RINALDY, 1413033049 (2018) Hubungan Perhatian Siswa Dalam Mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2017/2018. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2592Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
2. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2373Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Hubungan Perhatian Siswa Dalam Mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2017/2018 Oleh Muhammad Rinaldy Dalam proses pembelajaran banyak sekali faktor yang mempengaruhi tercapai tidaknya tujuan pembelajaran, secara umum dapat digolongkan menjadi dua yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Salah satu faktor intern yang mempengaruhi proses pembelajaran yaitu perhatian. Menurut gazali untuk dapat menjamin hasil belajar yang baik, maka siswa harus mempunyai perhatian terhadap bahan pelajaran yang dipelajarinya, jika bahan pelajaran tidak menjadi perhatian siswa maka timbullah kebosanan, sehingga ia tidak suka lagi belajar. Agar siswa dapat belajar dengan baik, seorang guru harus bisa mengusahakan materi yang menarik perhatian peserta didik, sehingga peserta didik akan memiliki perhatian dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah ada hubungan perhatian siswa dalam mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih tahun ajaran 2017/2018? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan perhatian siswa dalam mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode survei. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, dan dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspen’s (M). Hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa: Ada hubungan antara perhatian siswa dalam mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2017/2018. Nilai rhitung sebesar 0,8143 > rtabel sebesar 0,2732.  

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 201865802 . Digilib
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:33
Terakhir diubah: 13 Jul 2018 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32116

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir