PENGARUH MODEL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBERAGUNG

LELI KARTIKA , 1413053063 (2018) PENGARUH MODEL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBERAGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1381Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1382Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif model inquiry terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Alat pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 54 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 60. Setelah menggunakan penerapan model Inquiry nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 70 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 66. Hasil perhitungan N-Gain di kelas kontrol yaitu 0,23 termasuk dalam klasifikasi rendah. Sedangkan nilai ratarata N-Gain di kelas eksperimen 0,75 termasuk kategori tinggi. N-Gain kedua kelas terdapat perbedaan selisih N-Gain sebesar 0,52. Dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan dan positif model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung menggunakan rumus t-test sparated varians, dengan hasil nilai thitung = 28,26 > ttabel = 2,042 (dengan α = 0,05). Kata kunci: Inquiry, hasil belajar, tematik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201866411 . Digilib
Date Deposited: 16 Jul 2018 08:45
Terakhir diubah: 16 Jul 2018 08:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32151

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir