EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU BERDASARKAN GENDER

DINA KIFTATUL KUSNIA, 1413023015 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU BERDASARKAN GENDER. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (935Kb)
[img]
Preview
File PDF
2. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (636Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU BERDASARKAN GENDER Oleh Dina Kiftatul Kusnia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry) pada materi zat aditif dan adiktif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Global Madani Bandar Lampung pada semester genap tahun 2017/2018. Sampel yang didapat adalah kelas VIII.1 dan VIII.4 yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan non equivalent pretest and posttest control group design. Efektivitas model pembelajaran ADI ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis antara siswa laki-laki dan perempuan pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada n-Gain siswa laki-laki dan perempuan kelas kontrol dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI pada materi zat aditif dan adiktif efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender. Kata kunci: gender, keterampilan berpikir kritis, konsep zat aditif dan adiktif, model pembelajaran ADI

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201886986 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2018 03:07
Terakhir diubah: 17 Jul 2018 03:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32155

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir