PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP HASILBELAJAR SISWA

SITI KHOIRURROHMAH, 1413022061 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP HASILBELAJAR SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2220Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1774Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations pada materi fluida statis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dengan menggunakan desain penelitian the non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Data hasil penelitian diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan Independent Sample T-test. Hasil uji nilai Independent Sample T-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka dapat dinyatakan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations lebih dari hasil belajar siswa yang menggunakan buku konvensional. Hal ini juga dapat terlihat dari rata-rata nilai N-gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,44 dengan kategori sedang, dan rata-rata nilai N-gain hasil belajar kelas kontrol sebesar 0,21 dengan kategori rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple Siti Khoirurrohmah representations pada materi Fluida Statis mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Kata kunci: Modul, Pembelajaran Kontekstual, Multiple Representations, Hasil Belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201888849 . Digilib
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:49
Terakhir diubah: 23 Jul 2018 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32246

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir