PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN

SITI MARDIAN RAHAYU , 1413022063 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2437Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2148Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Bahan ajar sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran di sekolah atau di rumah. Salah satu bahan ajar yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran yaitu modul pembelajaran konstektual berbasis multirepresentasi dimana modul pembelajaran ini akan membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan modul konstektual berbasis multirepresentasi pada pembelajaran Hukum Gravitasi Newton terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Cermin. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Padang Cermin mengunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, dengan kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 3 yang diberikan perlakuan menggunakan modul konstektual berbasis multirepresentasi, sedangkan kelas kontrol yaitu kelas X MIPA 4 menggunakan buku siswa dari sekolah. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent T-Test. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. iii Siti Mardian Rahayu Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul konstektual berbasis multirepresentasi memiliki peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,35 dengan katagori rendah dan rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,64 dengan katagori sedang. Kata kunci: Hukum gravitasi newton, Hasil belajar, Modul kontekstual.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201860655 . Digilib
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:44
Terakhir diubah: 23 Jul 2018 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32250

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir