IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

DWI ESTI KUSUMANDARI , 1413022020 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1787Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1695Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran merupakan salah satu parameter keberhasilan dari proses pembelajaran itu sendiri, namun kenyataannya masih banyak siswa yang belum berhasil menguasai konsep yang didapatkan dari sekolah. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang masih banyak dibawah rata-rata. Salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dalam pemahaman konsepnya yaitu fisika. Rendahnya penguasaan konsep siswa dapat disebabkan oleh strategi pembelajaran yang digunakan, oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam penggunaan model pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT terhadap hasil belajar fisika siswa SMA dan perbedaan peningkatan hasil belajar fisika antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri iii Dwi Esti Kusumandari menggunakan strategi REACT dengan kelas yang menggunakan model DI. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pringsewu, pada semester genap tahun ajaran 2017/2018, dengan desain penelitian pretest posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa SMA, dengan nilai signifikansi 0,000. Kelas yang mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT menunjukkan peningkatan hasil belajar lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model DI, dengan N-gain kelas yang mengimplementasika model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT 1,298 kali lebih besar dari N-gain kelas yang menggunakan model DI. Kata kunci: hasil belajar, inkuiri, strategi REACT

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201888436 . Digilib
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:44
Terakhir diubah: 23 Jul 2018 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32251

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir