PERBANDINGAN METODE INKUIRI DAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V SD ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH RAJABASA

TUMANG NURAINI, 1443053063 (2018) PERBANDINGAN METODE INKUIRI DAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V SD ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH RAJABASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1167Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1168Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Ismaria Al-Qur’aniyyah Rajabasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penggunaan metode inkuiri dibandingkan metode diskusi. Penelitian ini adalah jenis penelitian komparatif dengan menggunakan posttest only control group design. Penelitian menggunakan teknik probability sampling, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V A dan V B sebanyak 64 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penerapan metode inkuiri dibandingkan metode diskusi pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SD Ismaria Al-Qur’aniyyah Rajabasa Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: hasil belajar, metode diskusi, metode inkuiri, tematik terpadu abstract The problem of this research was the students’ result of thematic learning was still low. This study aims to find out the improvement of learning outcomes of learners in the use of inquiry method than the discussion method. This study is a type of comparative research using posttest only control group design. Research using probability sampling technique, with subject of research all student class of V A and V B counted 64 student. The result show there is a increase in the learning outcomes of learners in the application of inquiry methods compared to the discussion method on integrated thematic learning at the fifth grade SD Ismaria Al-Qur’aniyyah Rajabasa academic year 2017/2018. Keywords: discussion method, integrated thematic learning, inquiry method, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201874073 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:18
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32266

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir