EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA

HANI NABILA , 1413023023 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3735Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1570Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efek¬tivitas model pembelajaran problem solving pada materi asam basa dalam me¬ning¬katkan keterampilan berpi¬kir tingkat tinggi ditinjau dari kemampuan akade¬mik siswa. Penelitian ini meng¬gu-nakan meto¬de kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam pe-ne¬litian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 15 Bandarlampung se¬mes¬ter genap TP. 2017-2018. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis statis¬tik uji t dan ANOVA dua jalur (two ways ANOVA). Dari hasil penelitian disimpul¬kan: (1) tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan model problem solving dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa, (2) pembelajaran menggunakan model problem solving efektif dalam meningkat¬kan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa, (3) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa mengguna¬kan model problem solving pada siswa berkemampuan aka¬de¬mik tinggi dengan kategori n-gain tinggi lebih banyak daripada siswa berke¬mam¬¬puan akademik sedang dan rendah. Kata kunci: problem solving, keterampilan berpikir tingkat tinggi, kemampuan akademik, asam basa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201872024 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:38
Last Modified: 25 Jul 2018 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32268

Actions (login required)

View Item View Item