EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA

HANI NABILA , 1413023023 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3735Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1570Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efek¬tivitas model pembelajaran problem solving pada materi asam basa dalam me¬ning¬katkan keterampilan berpi¬kir tingkat tinggi ditinjau dari kemampuan akade¬mik siswa. Penelitian ini meng¬gu-nakan meto¬de kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam pe-ne¬litian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 15 Bandarlampung se¬mes¬ter genap TP. 2017-2018. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis statis¬tik uji t dan ANOVA dua jalur (two ways ANOVA). Dari hasil penelitian disimpul¬kan: (1) tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan model problem solving dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa, (2) pembelajaran menggunakan model problem solving efektif dalam meningkat¬kan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa, (3) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa mengguna¬kan model problem solving pada siswa berkemampuan aka¬de¬mik tinggi dengan kategori n-gain tinggi lebih banyak daripada siswa berke¬mam¬¬puan akademik sedang dan rendah. Kata kunci: problem solving, keterampilan berpikir tingkat tinggi, kemampuan akademik, asam basa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201872024 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:38
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32268

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir