EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

MARIA ULFA , 1413023035 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2518Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2028Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen dalam meningkatkan kete-rampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 162 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2, yang diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada ke-las kontrol. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen ditunjukkan dari perbedaan rata-rata postes yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen dan rata-rata n-gain berkategori sedang dan atau tinggi yang diperoleh di kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata postes kelas kontrol. Selain itu, rata-rata gain di kelas eksperimen berkategori tinggi, sedangkan rata-rata n-gain di kelas kontrol berkategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah detergen efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pencemaran limbah detergen, pembelajaran berbasis masalah

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201894843 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2018 07:12
Last Modified: 24 Jul 2018 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32269

Actions (login required)

View Item View Item