EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

MARIA ULFA , 1413023035 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2518Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2028Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen dalam meningkatkan kete-rampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 162 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2, yang diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada ke-las kontrol. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen ditunjukkan dari perbedaan rata-rata postes yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen dan rata-rata n-gain berkategori sedang dan atau tinggi yang diperoleh di kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata postes kelas kontrol. Selain itu, rata-rata gain di kelas eksperimen berkategori tinggi, sedangkan rata-rata n-gain di kelas kontrol berkategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah detergen efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pencemaran limbah detergen, pembelajaran berbasis masalah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201894843 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2018 07:12
Terakhir diubah: 24 Jul 2018 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32269

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir