MARIA ULFA , 1413023035 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2518Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2028Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen dalam meningkatkan kete-rampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 162 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2, yang diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada ke-las kontrol. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen ditunjukkan dari perbedaan rata-rata postes yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen dan rata-rata n-gain berkategori sedang dan atau tinggi yang diperoleh di kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata postes kelas kontrol. Selain itu, rata-rata gain di kelas eksperimen berkategori tinggi, sedangkan rata-rata n-gain di kelas kontrol berkategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah detergen efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pencemaran limbah detergen, pembelajaran berbasis masalah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 201894843 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Jul 2018 07:12 |
Terakhir diubah: | 24 Jul 2018 07:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32269 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |