EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

EVI NUR INDAH SARI, 1413023018 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2726Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2058Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen (PBMPLD) dalam meningkatkan kete-rampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/1018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu XI MIA1 dan kelas XI MIA2 yang diberi perlakuan pembela-jaran menggunakan model PBMPLD pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata postes keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata postes kelas kontrol, serta nilai n-gain kelas eksperi-men berkategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembela-jaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen (PBMPLD) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, pencemaran oleh limbah detergen, keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201866763 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:54
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32272

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir