EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

EVI NUR INDAH SARI, 1413023018 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2726Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2058Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen (PBMPLD) dalam meningkatkan kete-rampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/1018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu XI MIA1 dan kelas XI MIA2 yang diberi perlakuan pembela-jaran menggunakan model PBMPLD pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata postes keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata postes kelas kontrol, serta nilai n-gain kelas eksperi-men berkategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembela-jaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen (PBMPLD) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, pencemaran oleh limbah detergen, keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201866763 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:54
Last Modified: 25 Jul 2018 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32272

Actions (login required)

View Item View Item