EVI NUR INDAH SARI, 1413023018 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2726Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2058Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen (PBMPLD) dalam meningkatkan kete-rampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/1018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu XI MIA1 dan kelas XI MIA2 yang diberi perlakuan pembela-jaran menggunakan model PBMPLD pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata postes keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata postes kelas kontrol, serta nilai n-gain kelas eksperi-men berkategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembela-jaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen (PBMPLD) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, pencemaran oleh limbah detergen, keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 201866763 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 02:54 |
Terakhir diubah: | 25 Jul 2018 02:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32272 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |