EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

MAISAROH, 1413023034 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. FKIP.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3175Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2473Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA Oleh MAISAROH Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen dalam meningkatkan keteram-pilan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group. Populasi peneliti-an ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 14 Bandarlampung dengan sampel penelitian kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 seba-gai kelas kontrol, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah detergen ditunjukan dari perbedaan rata-rata postes yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, serta n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori sedang, tinggi, dan atau sangat tinggi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata postes keterampilan ber-pikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata postes kelas kontrol. Kemudian, n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori sedang. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran berbasis masalah, pencemaran oleh limbah detergen.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201861449 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 01:41
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 01:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32273

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir