DESKRIPSI SIKAP ILMIAH DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

FAQIH SEGARA, 1413023019 (2018) DESKRIPSI SIKAP ILMIAH DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2319Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1676Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah dan peningkatan kete-rampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa menggunakan model pem-belajaran problem solving. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching only pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandarlampung tahun ajaran 2017/2018. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen serta XI IPA 2 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa digunakan uji t dan sikap ilmiah dengan deskriptif kualitatif. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan ber-pikit tingkat tinggi pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajran problem solving lebih tinggi dibandingkan pembelajran konvensional. Pem-belajaran yang menggunakan model problem solving pada persentase sikap ilmiah kategori sedang dan tinggi mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi serta dapat melatih sikap ilmiah siswa. Kata Kunci: sikap ilmiah, model pembelajaran problem solving, keterampilan berpikir tingkat tinggi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201847897 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:26
Last Modified: 25 Jul 2018 02:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32285

Actions (login required)

View Item View Item