DESKRIPSI SIKAP ILMIAH DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

FAQIH SEGARA, 1413023019 (2018) DESKRIPSI SIKAP ILMIAH DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2319Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1676Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah dan peningkatan kete-rampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa menggunakan model pem-belajaran problem solving. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching only pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandarlampung tahun ajaran 2017/2018. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen serta XI IPA 2 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa digunakan uji t dan sikap ilmiah dengan deskriptif kualitatif. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan ber-pikit tingkat tinggi pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajran problem solving lebih tinggi dibandingkan pembelajran konvensional. Pem-belajaran yang menggunakan model problem solving pada persentase sikap ilmiah kategori sedang dan tinggi mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi serta dapat melatih sikap ilmiah siswa. Kata Kunci: sikap ilmiah, model pembelajaran problem solving, keterampilan berpikir tingkat tinggi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201847897 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:26
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 02:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32285

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir