PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH EROSI EMAIL GIGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

NENA NURMALIYANI, 1413023044 (2018) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH EROSI EMAIL GIGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. FKIP.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2668Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2168Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH EROSI EMAIL GIGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA Oleh Nena Nurmaliyani Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experiment dengan The Static-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, se- hingga diperoleh sampel penelitian kelas XI MIA 9 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Peningkatan kemampuan penalaran dan keterampilan proses sains siswa ditentu- kan dari n-gain kemampuan penalaran dan keterampilan proses sains siswa yang diuji secara statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pem- belajaran berbasis masalah erosi email gigi mampu meningkatkan kemampuan penalaran dan keterampilan proses sains siswa. Nena Nurmaliyani Kata kunci : erosi email gigi, kemampuan penalaran, keterampilan proses sains, pembelajaran berbasis masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201848874 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 01:52
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32288

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir