PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MATERI ASAM BASA

ULFA RAHMA AINUL FIKRIA , 1413023067 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3344Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2481Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dalam pembelajaran kimia dijumpai miskonsepsi pada materi asam basa, salah satunya pada konsep teori asam basa, dimana siswa kurang mampu menerapkan teori asam basa ke dalam persamaan reaksi. Oleh karena itu dibutuhkan upaya untuk meminimalisir miskonsepsi tersebut, sehingga dilakukanlah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) ber-basis perubahan konseptual pada materi asam basa, mendeskripsikan karakteristik dan validitas LKS, mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa, serta mendeskrip-sikan kendala-kendala dalam pengembangan LKS berbasis perubahan konseptual pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall, dimana tahap yang dilaksanakan hanya sampai tahap revisi hasil uji coba. Hasil dari LKS yang dikembangkan adalah LKS berbasis perubahan konseptual, LKS ini terdiri dari tahapan-tahapan yang mampu melatihkan siswa untuk mengungkapkan konsep, membahas dan mengevaluasi konsep, menghadirkan konflik kognitif, serta merestrukturisasi kon-sep. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap kesesuaian isi, konstruksi, dan keter-bacaan diperoleh persentase sebesar 89,11% dan berkategori sangat tinggi. Hasil tanggapan guru terhadap LKS yang dikembangkan pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan sebesar 87,30%; 93,33%; 87,90% yang dikategorikan sangat tinggi. Hasil tanggapan siswa terhadap aspek kemenarikan dan keterbaca¬an sebesar 90,18% dan 91,42% dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian, LKS berbasis perubahan konseptual pada materi asam basa yang telah dikem-bangkan layak sebagai media pembelajaran, karena telah memenuhi aspek kese-suaian isi, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan dengan hasil yang sangat tinggi. Kata kunci : Lembar kerja siswa, perubahan konseptual, asam basa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201840289 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:26
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32300

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir