EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK

DESI NUR SHOLIHA , 1413023013 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2089Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1861Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan KPS siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan ke-mampuan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experi-mental dengan Prestes-Postest Nonequivalent Control Group Design. Sampel da-lam penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung yang ditentukan meng-gunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji anko¬va dan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil uji anko¬va diperoleh nilai sig kemampuan akademik*model ADI 0,980 lebih besar dari sig kriteria yang berarti tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan model ADI dengan kemampuan akademik dalam meningkatkan KPS. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa kemampuan akademik tinggi dan rendah dengan pembelajaran model ADI lebih tinggi daripada dengan menggu¬nakan pembelajaran konvensional. Rata-rata n-gain KPS siswa kemampuan akade¬mik tinggi tidak berbeda secara signifikan dengan siswa kemampuan akademik rendah pada pembelajaran menggunakan model ADI. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI efektif dalam mening¬katkan KPS siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Kata kunci : kemampuan akademik, KPS, model pembelajaran ADI

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 201865847 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2018 03:56
Last Modified: 26 Jul 2018 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32309

Actions (login required)

View Item View Item