PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 4 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

IMELDA ASTIKA YANI, 1413053057 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 4 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1435Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1436Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Pusat . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 46 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi,dan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 47,05 dan meningkat pada posttest menjadi 73,41, sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata pretest yaitu 49,38 dan meningkat pada posttest menjadi 64,13.Nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 0,49, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 0,25. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar IPS siswa. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan rumus t-test pooled varians menunjukkan nilai 4,08, ttabel dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai 2,02. Sehingga thitung = 4,08 > ttabel= 2,02, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, IPS, NHT

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201882152 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2018 02:08
Terakhir diubah: 31 Jul 2018 02:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32392

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir