PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR

PUTU RAHAYU CAHYANI , 1413053099 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1265Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1266Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 43 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, teknik tes, dan angket. Alat pengumpulan data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 72,04, meningkat sebesar 22,95. Adapun nilai rata-rata posttest kelas kontrol 64,76, meningkat sebesar 13,81. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,46, adapun nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol 0,29. Selisih nilai rata-rata N-Gain kedua kelas tersebutsebesar 0,17. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan rumus t-test pooled varians menunjukkan nilai 2,72, ttabel dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai 2,02, sehingga thitung = 2,72 > ttabel= 2,02, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: mind mapping, hasil belajar IPS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201822881 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2018 02:08
Terakhir diubah: 31 Jul 2018 02:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32394

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir