STUDI KONSEP DIRI PADA FOODSTAGRAMMER DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Annisa Widya Putri, 1416031019 (2018) STUDI KONSEP DIRI PADA FOODSTAGRAMMER DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (617Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1777Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1157Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini berjudul Studi Konsep Diri Pada Foodstagrammer di Kota Bandar Lampung. Foodstagrammer mempunyai arti orang-orang yang gemar mengunggah foto makanan ke media sosial yang bernama Instagram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep diri pada Foodstagrammer dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri positif maupun konsep diri negatif. Penelitian menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi dengan kajian psikologi komunikasi, aspek-aspek konsep diri, media baru, dan Instagram. Subjek penelitian ini adalah empat orang Foodstagrammer dan empat orang informan pendukung Significant other. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri pada Foodstagrammer adalah konsep diri positif. Peneliti menemukan bahwa keempat informan yang mengunggah foto makanan di Instagram yaitu sebagai wujud dari hobi memasak, hobi makan, fotografi, menilai makanan merupakan sebuah seni, dan review menu makanan. Mereka mampu memanfaatkan Instagram dengan baik sehingga memberikan efek positif bagi dirinya maupun orang lain dengan memberikan informasi kuliner yang sifatnya informatif, menarik, dan adanya sifat keterbukaan. Kata kunci : Konsep Diri, Foodstagrammer, Fenomenologi, Media Baru, Instagram ABSTRACT The research entitled “Self Concept of Foodstagrammer in Bandar Lampung City”. Foodstagrammer has a meaning that is people who like to upload photos of food to social media called Instagram. Aims of this reseacrh are to know self concetp of Foodstagrammer and factors that influence the positive self or negative self. The research used qualitative method with phenomenology approach by study psychology of communication, aspects of Self Concept, New Media, and Instagram. The subject for this reseacrh are four Foodstagrammer and four other supporting informants which is Significant Other. The findings on this reseacrh show that self concept of Foodstagrammer are the positive self concept. Researchers found that the four informants who uploaded food photos in Instagram as a form of cooking hobby, eating as hobby, photography, assessing the food is an art, and review the food menu. They are able to use Instagram well so as to provide positive effects for themselves and others by providing culinary information that is informative, interesting, and the nature of openness. Keywords: Self-Concept, Foodstagrammer, Phenomenology, New Media, Instagram

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HF Commerce
> N Visual arts (General) For photography, see TR
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 201817891 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 06:46
Terakhir diubah: 01 Aug 2018 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32424

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir