KARAKTERISTIK METODE PENDUGA EMPIRICAL BAYES DAN SPATIAL EMPIRICAL BAYES PADA PENDUGAAN AREA KECIL DENGAN MODEL POISSON-GAMMA

Nourma Indryani, 1417031087 (2018) KARAKTERISTIK METODE PENDUGA EMPIRICAL BAYES DAN SPATIAL EMPIRICAL BAYES PADA PENDUGAAN AREA KECIL DENGAN MODEL POISSON-GAMMA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2492Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2198Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendugaan area kecil merupakan pendugaan tak langsung yang digunakan untuk menduga parameter dengan ukuran sampel yang kecil. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pendugaan area kecil adalah Empirical Bayes (EB). Metode EB digunakan pada data cacah atau biner, dimana inferensinya didasarkan pada distribusi posterior dan parameternya diduga dari data. Salah satu penerapan metode EB pada data cacah adalah model Poisson-Gamma. Pada penelitian ini menggunakan pendugaan area kecil dilakukan dengan metode EB berdasarkan model tingkat area serta model spasial tingkat area. Selanjutnya akan dikaji karakteristik penduga dan Mean Squared Error (MSE) dari penduga EB serta Spatial Empirical Bayes (SEB) dengan metode Area-Spesific Jackknife baik secara teori maupun empiris. Kajian secara empiris dilakukan dengan bantuan software R i386 menggunakan data Jumlah Kasus Tuberkulosis di Kecamatan Kota Agung Timur, Gisting, Pugung, Gunung Alip, dan Sumberejo pada tahun 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penduga EB dan SEB bersifat bias, namun metode penduga SEB mampu mengkoreksi nilai bias dan menghasilkan nilai MSE yang lebih kecil.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QA Mathematics
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 201825974 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:42
Terakhir diubah: 01 Aug 2018 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32465

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir