HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BANDAR SAKTI

RIZKI NUR KHALIFAH , 1413053114 (2018) HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BANDAR SAKTI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1550Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1551Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku bullying di lingkungan sekolah yang mengakibatkan rendahnya kemampuan interaksi sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas V SD Negeri 3 Bandar Sakti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan rumus Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, menghasilkan indeks reliabilitas sebesar 0,811 untuk variabel perilaku bullying dan 0,808 untuk variabel kemampuan interaksi sosial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai korelasi antara variabel X dan Y dengan hasil uji hipotesis sebesar 0,501 termasuk dalam interval koefisien 0,40 – 0,599 sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan kategori sedang antara perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas V SD Negeri 3 Bandar Sakti. Kata kunci: bullying, interaksi sosial. abstract The problem in this research is the bullying that cause the decrease of social interaction between the students. The study aimed to find out the correlations between bullying and students social skills of 3rd grade students of SD N 3 Bandar Sakti, Lampung Tengah. This research used correlational approach. The population were 40 students. The data collection technique of this research was conducted by the scale of bullying and social skill. The reability test used Alpha Cronbach and the score of reability index of bullying was 0,811 and 0,808 for reability index of social skill. The data of this research were analyzed by using Product Moment. The result showed that the correlation value between bullying and student social skill variable and the hypothesis test was -0,832. It showed that there was a significant correlation between bullying and the students social skill in the 5rd grade of SD N 3 Bandar Sakti, Lampung tengah. Theresul of hypothesis test was 0.501and the category was medium between bullying behavior with social interaction ability of grade V students of state elementary school 3 Bandar Sakti. Keywords: bullying, social interaction,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201830262 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 07:55
Terakhir diubah: 01 Aug 2018 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32486

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir