PUTU ROSMALINA, 1413053100 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 INDRALOKA 1 KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (932Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (933Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 01 Indraloka 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media manipulatif. Rata-rata hasil pretest kelas eksperimen sebesar 46,14 dan rata-rata postest sebesar 69,32. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,43 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,29. Selisih N-Gain yaitu 0,14. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Indraloka 1 Kabupaten Tulang Bawang Barat yang berarti Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, matematika, media manipulatif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201857204 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 03:47 |
Terakhir diubah: | 02 Aug 2018 03:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32523 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |