PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Nurul Khabibah, 1423022033 (2018) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS. Masters thesis, Program Studi Magister Pendidikan Fisika.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1313Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1031Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri yang menarik, manfaat dan efektif dalam menumbuhkan KGS. Desain pengembangan menggunakan tujuh langkah penelitian Borg & Gall (1983) meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan hasil produk. Validasi produk mencakup validasi materi, desain dan isi menggunakan angket. Subjek uji coba adalah guru dan siswa salah satu SMA N di Lampung Timur. Hasil validasi desain sebesar 76%, dan isi sebesar 76% LKS masuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat dinyatakan bahwa LKS layak untuk digunakan. Hasil uji lapangan menunjukkan LKS berbasis inkuiri dapat menumbuhkan keterampilan generik sains siswa pada materi fluida statis. Respon guru dan siswa terhadap hasil pengembangan sebesar 78% masuk kategori sangat menarik dan 78% sangat bermanfaat. Hasil uji efektifitas diketahui nilai posttest sebesar 80 Nurul Khabibah lebih tinggi dari rerata nilai pretest sebesar 43. Dengan demikian produk yang telah dikembangkan berupa LKS berbasis inkuiri efektif untuk menumbuhkan keterampilan generik sains siswa. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Inkuiri, Keterampilan Generik Sains ABSTRACT This study aims to develop an inquiry-based LKS that is attractive, beneficial and effective in growing KGS. The development design using the seven research steps of Borg & Gall (1983) includes research and data collection, planning, product draft development, initial field trials, revision of test results, field trials, product improvements. Product validation includes material validation, design and content using questionnaires. The test subject is teacher and student of one of SMA N in Lampung Timur. The design validation results are 76%, and the contents of 76% of the worksheets are in the high category, so it can be stated that the worksheet is eligible to be used. Field test results show that inquiry-based LKS can generate students' generic science skills on static fluid materials. The teacher and student response to the development outcome of 78% is very attractive and 78% very useful. The results of the effectiveness test revealed that the posttest value of 80 was higher than the average pretest score of 43. Thus the products that had been developed in the form of inquiry-based worksheets were effective to foster students' generic science skills. Keywords: Student Worksheet, Inquiry, Generic Science Skills

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201893086 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:39
Terakhir diubah: 03 Aug 2018 06:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32563

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir