PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN SISWA SMK DALAM MENULIS TEKS LAPORAN KEGIATAN BERDASARKAN OBSERVASI

PUTRI ELIDA SARI, 1623041030 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN SISWA SMK DALAM MENULIS TEKS LAPORAN KEGIATAN BERDASARKAN OBSERVASI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1319Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1205Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ketidak layakan buku panduan siswa SMK dalam menulis teks laporan kegiatan praktik industri menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat buku panduan siswa SMK dalam menulis teks laporan kegiatan praktik industri dan untuk mengetahui kelayakan buku panduan tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D)Borg and Gall dengan langkah-langkah diadaptasi oleh peneliti. Dalam model R&D dikelompokkan menjadi tiga kegiatan, yakni penelitian pendahuluan, pengembangan produk, dan uji efektivitas. Sumber data dalam penelitian ini terdapat dua katagori. Pertama sumber data buku panduan siswa menulis teks laporan kegiatan praktik industri melalui observasi. Kedua, sumber data validasi produk yang akan menilai buku panduan siswa SMK menulis teks laporan kegiatan melalui observasi yaitu pakar/ahli dari Universtas lampung. Data dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua. Pertama, data kualitatif berupa deskriptif yang berupa saran, kritik, koreksi dan penilaian siswa, praktisi, dan pakar. Kedua, data kuantitatif berupa skor tes siswa saat uji coba produk. Berdasarkan analisis tujuan, dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan buku panduan siswa menulis teks laporan kegiatan praktik industri berdasarkan observasi. Hasil uji coba pada kelas kecil menggunakan angket yang berjumlah 18 soal dan jumlah responden 10 orang. Hasil kelayakan yang diperoleh adalah 79,89% dan dapat dinyatakan sangat layak. Hasil uji pada kelas besar, yaitu 18 pertanyaan yang diberikan pada 30 responden mendapat tingkat kelayakan 81% dengan predikat sangat layak. Hasil uji validasi oleh ali media mendapatkan tingkat kelayakan 77% dengan predikat sangat layak, dan uji validasi substansi materi mendapatkan tingkat kelayakan 81,5% dengan predikat sangat layak Kata kunci : buku panduan, laporan kegiatan, observasi

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 201803795 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2018 04:05
Terakhir diubah: 04 Aug 2018 04:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32600

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir