MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT SISWA KELAS V SD N 3 BRAJASAKTI TAHUN 2017

FRANSISKUS ALPENDI, 1313053066 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT SISWA KELAS V SD N 3 BRAJASAKTI TAHUN 2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1635Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1180Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V SD Negeri 3 Braja Sakti yang menunjukan dari 21 siswa, terdapat 11 siswa (52,38%) belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 67. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Prosedur dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan (planing), pelaksanaan (acting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, menggunakan lembar observasi dan soal tes untuk mengukur kinerja guru, dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa setelah menerapkan model cooperative learning tipe Team Game Tournament. Pada siklus I, nilai rata-rata afektif siswa sebesar 65,75 dengan ketuntasan 70% (katagori :Baik”). Pada siklus II nilai rata-rata afektif siswa sebesar 76,25 dengan presentase ketuntasan 80% (katagori “Baik”). Rata-rata nilai psikomotor siswa pada siklus I sebesar 65,50 dengan presentase ketuntasan sebesar 60% (katagori “Cukup Terampil”). Pada siklus II sebesar 76,50 dengan presentase ketuntasan sebesar 85% (katagori “Sangat Terampil”). Rata-rata nilai koqnitif siswa pada siklus I sebesar 68,1 dengan presentase ketuntasan sebesar 60% (katagori “Cukup Tinggi”). Pada siklus I sebesar 79,8 dengan presentase ketuntasan 80% (katagori “Tinggi”).Nilai hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 69,90 dan meningkat sebesar 4,38 menjadi 74,28 pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I 61,90% (kategori cukup baik) dan meningkat menjadi 80,95% (kategori sangat baik) pada siklus II. Kata kunci:,Cooperative learning, hasil belajar, TGT.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201869271 . Digilib
Date Deposited: 06 Aug 2018 08:38
Terakhir diubah: 06 Aug 2018 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32648

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir