PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN PADA MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

DHEA SILVIA PUTRI, 1413022017 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN PADA MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2234Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2353Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Implementasi model predict observe explain (POE) ke dalam lembar kerja peserta didik (LKPD) akan menjadikan lembar kerja lebih variatif. LKPD berbasis POE dapat menunjang pembelajaran kurikulum 2013 karena berisi serangkaian tugas dan langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas yang harus dikerjakan siswa dalam pokok kajian tertentu sehingga menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis POE pada materi cahaya untuk siswa SMP kelas VIII yang tervalidasi. Peneliti juga akan mendeskripsikan kemenarikan, kemanfaatan, kemudahan LKPD berbasis POE yang dikembangkan. Penelitian mengacu pada desain penelitian dan pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Uji validasi produk terdiri dari uji ahli desain dan uji ahli materi oleh Dosen Jurusan Pendidikan MIPA dan Guru IPA SMP. Kemenarikan, iii Dhea Silvia Putri kemudahan, dan kemanfaatan produk diujikan pada siswa kelas VIII. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dihasilkannya LKPD berbasis POE pada materi cahaya untuk siswa SMP kelas VIII yang tervalidasi dari uji ahli desain dengan skor ratarata 3,74 dan uji ahli materi dengan skor rata-rata 3,57. LKPD berbasis POE yang dihasilkan sangat menarik dengan skor rerata 3,54, sangat mudah dengan rerata skor 3,57, dan sangat bermanfaat dengan rerata skor 3,72. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Predict Observe Explain, Penelitian Pengembangan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201862313 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:43
Terakhir diubah: 07 Aug 2018 06:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32686

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir