IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP GUNADHARMA BANDAR LAMPUNG

Mala Rusdawati, 1423031079 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP GUNADHARMA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER PENDIDIKAN IPS.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (971Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (584Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan tahapan perencanaan, tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi untuk pengambilan keputusan guna pengembangan lebih lanjut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Gunadharma Bandar Lampung berjumlah 25 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Adapun hasil keseluruhan di akhir Siklus III menunjukkan, siswa yang memiliki kemampuan memecahkan masalah sebanyak 20 siswa (80%) yang menguasai 3 dari 4 indikator. Indikator kemampuan memecahkan masalah yang mendominasi adalah indikator pemahaman masalah sedangakan indikator yang tidak sering muncul adalah pengecekkan kembali kebenaran penyelesaian. (2) penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Terlihat pada hasil keseluruhan di akhir siklus III sebanyak 21 siswa (84%) hasil belajar kognitifnya telah mencapai KKM yaitu ≥ 75. Maka baik kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa telah mencapai kriteria indikator keberhasilan yaitu 75% dari jumlah siswa yang diberikan tindakan. Kata kunci: hasil belajar kognitif, kemampuan memecahkan masalah, model pembelajaran berbasis masalah. abstract This study aims to determine the use of problem based learning model can improve problem solving skills and student cognitive learning outcomes. The type of research used is classroom action research (Classroom Action Research). The procedures undertaken in this study using the stages of planning, action, implementation, observation, and reflection for decision making for further development. The subjects of this study are students of grade VIII SMP Gunadharma Bandar Lampung amounted to 25 people. The results showed that (1) the use of problem based learning model can improve problem solving ability. The overall result in Cycle III shows, students who have problem solving skills as many as 20 students (80%) who master 3 of 4 indicators of problem solving ability. (2) the use of problem based learning model can improve student's cognitive learning outcomes. Seen in the overall results in cycle III as many as 21 students (84%) cognitive learning outcomes have reached KKM is ≥ 75. So both the ability to solve the problem and the cognitive learning outcomes of students has reached the criterion of success indicator that is 75% of the number of students given the action. Key words: cognitive learning outcomes, problem solving skills, problem based learning models.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 201869025 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:33
Terakhir diubah: 07 Aug 2018 08:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32694

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir