M. ADDIN SYAKIR, 1418011127 (2018) STUDI KUALITATIF:PERSEPSI MAHASISWA TENTANG VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI SARANA SELF-DIRECTED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (772Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (602Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Latar Belakang: Video pembelajaran bukan hanya bermanfaat dalam memadukan sumber belajar tetapi juga menyediakan sumber belajar spesifik yang dapat meningkatkan deep learning mahasiswa. Video juga dapat digunakan untuk tujuan lain dalam medis termasuk problem based learning, review teknik laboratorium klinis serta menunjukkan prosedur bedah. Video pembelajaran dapat digunakan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dalam self-regulated learning. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan utama dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari angkatan 2014-2017. Pengambilan data utama melalui Focus Group Discussion (FGD), selanjutnya peneliti juga menggunakan teknik wawancara mendalam sebagai sumber penelitian lain. Setelah didapatkan data penelitian, dianalisis dengan cara analisis tematik. Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian didapatkan berbagai macam presepsi mahasiswa FK Unila tentang kegunaan video pembelajaran. Persepsi siswa dalam menggunakan video pendidikan sebagai cara terbaik SDL adalah materi prosedural dan faktor-faktor yang meningkatkan penggunaan video pendidikan adalah kegunaan dan motivasi. Faktor-faktor yang menghambat penggunaan video pendidikan adalah konten dan waktu dan kriteria video pendidikan berdasarkan penampilan, konten, dan durasi Kesimpulan: Setelah dilakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai persepsi siswa tentang video pendidikan dalam menggunakan SDL, manfaat dan kelemahan video pembelajaran dan kriteria video pembelajaran Kata kunci: Fakultas kedokteran, SDL, video pembelajaran abstract Background: The use of educational video not only to combines traditional learning sources but also provide specific learning resources that improve student’s deep learning. Video can also be used for other purposes in medicine including problem based learning, review of clinical laboratory techniques and show surgical procedures. Educational videos can be used by medical students of University of Lampung in self-regulated learning. Methods: This research used qualitative research design with phenomenology approach. The main informant in this study consisted of several students from the year of 2014-2017. The main data were collected through Focus Group Discussions, Then, researcher also use In-Depth Interview as other studies. After the data is collected, it’s analyzed using thematic analysis. Results: From the results, there are various medical students of Lampung University’s perception about the use of educational videos. Students' perception in using educational video as the best means of SDL is procedural material and factors that enhacing use of educational videos are utility and motivation. Factors that inhibit use of educational videos are content and time and criteria of educational videos based on appearance, content and time Conclusion: This study showed that are various of students’ perception about educational videos in using SDL, benefits and weakness of educational videos and criteria of educational videos. Keyword: Educational videos, medical faculty, SDL
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi > RA Public aspects of medicine |
Program Studi: | Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter |
Pengguna Deposit: | 201856946 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Aug 2018 07:04 |
Terakhir diubah: | 11 Aug 2018 07:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32801 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |