PENGARUH KONDISI PASAR, FINANCIAL LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016

NIA DEWI MULYASARI, 1441011043 (2018) PENGARUH KONDISI PASAR, FINANCIAL LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3836Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN .pdf

Download (3724Kb) | Preview

Abstrak

Underpricing terjadi disaat harga saham di pasar perdana lebih rendah dibandingkan dengan harga saham di pasar sekunder. Fenomena underpricing terjadi karena adanya kesalahan dalam penentuan harga di pasar perdana sebagai akibat adanya ketidakseimbangan informasi antara underwriter dengan emiten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi pasar, financial leverage, dan profitabilitas terhadap underpricing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non keuangan yang melakukan go public tahun 2012-2016. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 perusahaan non keuangan yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil uji T menunjukkan bahwa variabel kondisi pasar, financial leverage, dan profitabilitas memiliki pengaruh negatif terhadap underpricing. Hasil uji R² menunjukkan bahwa variabel underpricing dapat dijelaskan oleh variabel kondisi pasar, financial leverage, dan profitabilitas sebesar 26,65%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain dalam perekonomian yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Underpricing, Kondisi Pasar, Financial Leverage, Profitabilitas.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: 201852219 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:06
Last Modified: 15 Aug 2018 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32853

Actions (login required)

View Item View Item