TIARA MEGA RANI , 1443053060 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN TERPADU PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH RAJABASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1769Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2482Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA masih rendah pada peserta didik kelas IV SD Ismaria Al-Qur’aniyyah Rajabasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat pre experimental dengan one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi, sedangkan data dianalisis dengan Uji Regresi Linier dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA, hal ini dibuktikan bahwa hasil belajar IPA setelah menggunakan model discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum menggunakan model discovery learning. Ini berarti penggunaan model discovery learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA. Kata Kunci : hasil belajar, discovery learning, IPA ABSTRACT The problem in this study is that the learning outcomes of science are still low for fourth grade students of Ismaria Al-Qur'aniyyah Rajabasa Elementary School. This study aims to determine the effect of using discovery learning models on science learning outcomes. This type of research is a type of quantitative research that is pre-experimental with one group pretest posttest design. The sample in this study were IVA grade students totaling 36 people. Data collection used in this study is test and observation, while data is analyzed by Linear Regression Test and t-Test. The results showed that there was an influence of the use of discovery learning models on science learning outcomes, this was proven that the science learning outcomes after using discovery learning models were higher than before using discovery learning models. This means the use of discovery learning models can help improve science learning outcomes. Keywords: learning outcomes, discovery learning, science.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201871277 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 08:01 |
Terakhir diubah: | 20 Aug 2018 08:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32934 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |