ANALISIS SOAL UJIAN NASIONAL ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN AJARAN 2016/2017

LAMBOK VERAYANTY SIREGAR, 1413024048 (2018) ANALISIS SOAL UJIAN NASIONAL ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (710Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (711Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal Ujian Nasional (UN) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian ini berupa desain deskriptif. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif yakni hasil penelitian berupa data kualitatif yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis dari butir soal yang terdapat pada Ujian Nasional IPA tingkat SMP dengan karateristik soal tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) yaitu, stimulus paling banyak dalam soal Ujian Nasional IPA tingkat SMP tahun ajaran 2016/2017 adalah dalam bentuk gambar yang tergolong kriteria “sedang” karena dari hasil analisis diperoleh persentase sebesar 52,5%terdapat pada 21 butir soal sedangkan, stimulus paling sedikit adalah dalam bentuk diagram yang tergolong kriteria “sedikit sekali” karena dari hasil analisis diperoleh persentase sebesar 5% terdapat pada 2 butir soal. Indikator kemampuan berpikir kritis yang paling banyak adalah kemampuan menentukan kesimpulan yang tergolong kriteria “sedikit” karena dari hasil analisis diperoleh iii persentase sebesar 22,5% terdapat pada 9 butir soal sedangkan, indikator kemampuan berpikir kritis paling sedikit adalah indikator mempertimbangkan kemampuan induksi dan mendefinisikan asumsi yang tergolong kriteria “sedikit sekali” karena dari hasil analisis diperoleh persentase sebesar 2,5%terdapat pada 1 butir soal. Indikator keterampilan pemecahan masalah paling banyak adalah indikator mengidentifikasi masalah yang tergolong kriteria “sedikit” karena dari hasil analisis diperoleh persentase sebesar 22,5% terdapat pada 9 butir soal sedangkan, indikator keterampilan pemecahan masalah paling sedikit adalah indikator keterampilan mendeskripsikan, mengevaluasi kualitas solusi dan mengevaluasi strategi sistematika yang tergolong kriteria “sedikit sekali” karena dari hasil analisis diperoleh persentase sebesar 2,5% terdapat pada 1 butir soal. Secara keseluruhan kesesuaian indikator pencapaian kompetensi dasar dengan butir soal Ujian Nasional IPA SMP 2016/2017 sudah dikategorikan “tinggi sekali” karena persentase yang diperoleh sebesar 98%. Kata Kunci: analisis soal, kesesuaian, ujian nasional

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 188971164 . Digilib
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:35
Terakhir diubah: 02 Oct 2018 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33278

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir