VALENSY RACHMEDITA, 1013033020 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP WIYATA KARYA NATAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (211Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (300Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Minat dalam belajar ada pada setiap siswa, maka untuk menumbuhkan minat tersebut diperlukan sesuatu ketertarikan dalam kegiatan belajar mengajar. Meningkatkan minat belajar siswa dapat dilakukan dengan berbagai macam cara,seperti melalui model pembelajaran dan dapat juga menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Penerapan model pembelajaran cooperative teknik inside outside circle sebagai model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dapat melibatkan partisipasi siswa secara aktif semenjak awal, sehingga kegiatan belajar mengajar dalam kelas dapat lebih efektif dan diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dari penerapan model pembelajaran cooperative teknik inside outside circle terhadap meningkatnya minat belajar IPS siswa kelas VII SMP Wiyata Karya Natar. Tujuan penelitian yang ingin dicapai berdasarkan rumusan masalah tersebut adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran cooperative teknik inside outside circle sebagai model pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas VII SMP Wiyata Karya Natar tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group pretest-postest design. Setelah dilakukan penelitian diperoleh data pretest,data tiap pertemuan dan postest yang kemudian digunakan sebagai acuan untuk mengetahui minat belajar siswa dengan dilakukan perhitungan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: Ada pengaruh yang positif dari penerapan model pembelajaran cooperative teknik inside outside circle terhadap meningkatnya minat belajar siswa dilihat dari persentase pengukuran minat belajar siswa sebelum pembelajaran kategori tinggi atau positif 37,04% dan pengukuran sesudah pembelajaran kategori tinggi atau positif sebesar 55,56%, sehingga ada peningkatakan persentase minat belajar siswa 18,52 %.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 29 Sep 2014 01:47 |
Terakhir diubah: | 29 Sep 2014 01:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3328 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |