STUDI PERBANDINGAN LIFE SKILLS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

LINDA NOVITA SARI , 1413031029 (2018) STUDI PERBANDINGAN LIFE SKILLS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1984Kb)
[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (0b)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Student Team Achievment Division (STAD) dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Metro Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel sebanyak 63 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan yang signifikan life skills siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievment Division (STAD) (2) life skills siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi (3) life skills siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (4) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap life skills siswa. Kata Kunci: Life skills, Numbered Heads Together, Student Teams Achievment Division, Motivasi Berprestasi abstract The purpose of this research is to know the type of cooperative learning model comparison of numbered Heads Together and type student teams achievment division with paying attention to the motivation of the student achievers. The methods used in this study is a research method of comparative approaches with experiments. The population of this research is that the whole class VIII SMP Negeri 2 Metro school year 2017/2018 with the number of samples as much as 63 students determined by cluster random sampling techniques. Hypothesis testing using the formula two variant analysis and t-test two independent samples. The results of the analysis of the data shows (1) there is a significant difference of the life skills of students who are learning the lesson that using Numbered Heads Together (NHT) and the lesson that students use Student Learning Teams Achievment Division (STAD) (2) life skills lesson that students use learning model NHT (Numbered Heads Together) is higher compared to students taught using instructional models STAD (Student Team Achievment Division) for students who have motivation of high achievers (3) life skills lesson that students use learning model NHT (Numbered Heads Together) are lower compared to students taught using instructional models STAD (Student Teams Achievment Division) for students who have the motivation of underachieving (4) there is the influence of the interaction between the learning model with the motivation of overachievers against life skills of students. Keywords: life skills, numbered heads together, student teams achievment division, motivation of achievers

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 188316302 . Digilib
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:28
Last Modified: 08 Oct 2018 02:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33307

Actions (login required)

View Item View Item