DIAN PRIYANTI, 1413024025 (2018) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1 ABSTRAK.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (937Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (867Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN Oleh DIAN PRIYANTI Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 28 Bandar Lampung pada pembelajaran IPA Biologi materi pencemaran lingkungan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII A dan VII C berjumlah 60 peserta didik yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data rata-rata nilai keterampilan metakognisi peserta didik dianalisis secara deskriptif menggunakan bantuan program Microsoft Excel. Data rata-rata nilai pretest, posttest dan N-Gain sebagai hasil dianalisis dengan uji Independent Sample t-test pada taraf kepercayaan 5% menggunankan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik. Keterampilan metakognisi peserta didik pada kelas eksperimen memiliki rata-rata pencapaian skor lebih tinggi dengan kriteria “berkembang sangat baik” dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memiliki kriteria “sudah berkembang”. Model PBL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok pencemaran lingkungan dan dampkanya bagi ekosistem. Kata kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Metakognisi, Problem Based Learning (PBL)
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 188704650 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 07:26 |
Terakhir diubah: | 08 Oct 2018 07:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33328 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |